Senin, 27 April 2015

TANGGUNG JAWAB

Arfinisa Pratidina

51411067

        Saya Arfinisa dari kelas 4IA07 mahasiswi dari Universitas Gunadarma Fakultas Teknologi Industri Jurusan Teknik Informatika. Pada mata kuliah kali ini yaitu Pengantar Komputasi Modern, saya akan menceritakan tentang pengalaman pribadi yang menyangkut “Tanggung Jawab”.
            Setiap saat dari kecil saya sudah dibiasakan bagaimana cara hidup bertanggung jawab dimulai dari hal kecil yaitu setiap bangun tidur selalu membereskan tempat tidur. Namun, setelah memasuki dunia kuliah arti dari tanggung jawab sendiri sudah mulai meningkat. Tidak hanya membereskan tempat tidur, mencuci piring setelah makan, meletakan sepatu di rak sepatu.
            Tanggung Jawab saya meningkat disaat saya diterima menjadi Asisten Lab Database di kampus saya. Sebelum saya resmi menjadi Asisten Lab, saya melewati beberaapa tahap penyeleksian. Tahap yang menurut saya sulit adalah tahap terakhir. Tahap terakhir tersebut yaitu wawancara dengan kepala Lepkom. Di wawancara itu saya ditanya beberapa pertanyaan dimana setiap jawaban harus bisa dipertanggung jawabkan. Yang paling saya ingat adalah pertanyaan “Apakah anda sudah siap waktu istirahat anda berkurang dibanding mahasiswa lain ? bahkan mungkin waktu kuliah anda dapat terganggu karena harus menjaga lab”. Saya langsung menjawab “Ya,saya siap bu” karena saya dari awal pendaftaran sudah tau dampak negatif dan positif nya. Namun saya yakin lebih banyak positifnya dibanding negatif.
            Pengumuman untuk Asisten Lab pun muncul, dengan penuh rasa panasaran saya langsung mencek di web, dan nama saya tidak ada, sedih rasanya. Keesokan harinya saya mendapatkan kabar dari teman bahwa nama saya tertera di web Asisten Lab Database, semula saya tidak percaya karena kemarin saya cek tidak ada nama saya. Akhirnya teman saya memberikan bukti bahwa saya diterima sebagai Asisten Lab Database, dan saya pun mencek kembali di web, Alhamdullilah ada nama saya terdaftar sebagai Asisten Lab. Pada hari yang sama, saya langsung daftar ulang dan mendapatkan hari untuk melakukan Briefing.
            Saya pun sudah resmi menjadi Asisten Lab pada tanggal 5 Juli 2013, setelah melakukan briefing saya dijelaskan tentang hak dan tanggung jawab saya. Dan pembuktian tanggung jawab dari jawaban saya pada saat wawancara pun dimulai. Pertama kali saya bertugas di universitas gunadarma kalimalang. Karena baru pertama kali kesana, jadi ada sedikit masalah yaitu di kendaraan. Kami harus sampai kalimalang pukul 9 pagi dengan membawa proyektor dan 30 modul. Kalo ada yg terlupa salah satunya, maka kursus tidak akan berjalan.
            Dalam kurun waktu 3 bulan saya hanya bertugas sebagai Asisten, yaitu membantu tutor(pengajar), memberikan modul kursus kepada praktikan, mengecek jaringan di lab, membantu praktikan untuk mengatasi error pada saat meng coding dan membuka/menutup pintu lab. Contoh kejadian yang pernah saya alami pada saat menjadi Asisten, Jika hari senin modul kurang maka pagi pagi jam 7 saya harus sudah ada ditempat untuk fotokopi. Server tidak dapat digunakan, saya dan rekan harus memperbaiki server meskipun sampai malam, sementara untuk besok paginya saya ada kuis dari dosen.
            Setelah 3 bulan menjadi Asisten, saya diberi kepercayaan oleh kepala database untuk menjadi tutor. Senangnya bukan main pada saat itu, tapi tanggung jawab pun jadi bertambah. Sebelum saya mengajar, saya harus mempelajari materi yang akan disampaikan. Saya belajar dengan benar hingga malam, karena slide show yang diberikan dalam bentuk bahasa inggris, jangan sampai saya salah mengartikan. Bahasa Inggris untuk komputer sangatlah berbeda dari bahasa inggris yang biasa kita artikan. Hari Pertama saya sebagai tutor pun dimulai, jantung ini berdegup kencang dan keringat dingin. Saya berusah se santai mungkin untuk menghindari praktikan tahu kalo ini adalah kali pertama saya menjadi tutor.
            Tanggung jawab saya pun muncul sebagai tutor, saya mengajar mahasiswa dimana mereka berfikir secara terbuka, sehingga mereka bisa memberikan pendapat mereka bahkan ada pula yang menyangkal pada saat saya mengajar. Disitulah saya memberikan bukti bukti untuk manangkis sangkalan mereka. Terdapat pula pengalaman saya mengajar mahsiswa yang sudah bekerja, mereka tentu saja lebih berpengalaman dalam dunia nyata, saya lebih suka mengatakan bahwa kita berbagi ilmu tentang database, mungkin mereka lebih tau tentang database dan bisa memberikan ilmu nya ke kita dibanding dengan mahasiswa yang meng –test.
            Tanggung jawab sebagai tutor tidak hanya mengajar dan memberikan mereka pelatihan, tapi juga kami membuat modul dan soal ujian. Untuk membuat modul tidak bisa sembarangan karena dibutuhkan sumber yang terpercaya dan sudah terbukti ke akuratanya. Kami harus mencoba beberapa software database yang terkadang tutorialnya belum ada yang menggunakan bahasa indonesia.
            Sampai sekarang pun saya masih bekerja di Lab Database sebagai Tutor dan Asisten, semua saya kerjakan dengan hati sehingga terasa bahagia dan senang, ditambah lagi saya mendapatkan teman, guru, dan rekanan yang lebih banyak dan tentunya mereka baik-baik. Saya bisa lebih duluan mengetahui lowongan perkerjaan bagian database. Kegiatan yang saya lakukan lebih banyak positif dibandingkan negatif, dan saya tidak pernah menyesal jika waktu istirahat berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar