Senin, 05 November 2012

Nama     : Arfinisa Pratidina
Kelas     : 2IA07
NPM      : 51411067

Internet

Internet adalah sebuah singkatan dari Interconnection-Networking.Jadi menurut saya internet adalah suatu jaringan beberapa komputer yang tergabung menjadi satu.Untuk menggabungkan beberapa jaringan menjadi satu maka digunakanlah Internet Protocol Suite (TCP/IP).
Asal mula internet itu berasal dari proyek ARPA atau ARPANET ( Advanced Reasearch Project Agency Networking) yang dibentuk oleh pertahanan Amerika Serikat.Mereka berfikir bagaimana cara melakukan komunikasi komunikasi jaringan dengan komputer melalui selaruan telefon dengan menggunakan Software berbasis UNIX.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


  

Pada zaman sekarang ini manusia tidak bisa terlepas dari internet.dari tahun ke tahun pengguna internet semakin bertamabah,secara tidak langsung internet juga berpengaruh pada sistem pendidikan,perkembangan ekonomi,bahkan kepemerintahan.
Internet juga memeliki tata tertib Sama seperti halnya sebuah komunitas, Internet juga mempunyai tata tertib tertentu, yang dikenal dengan nama Nettiquette atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah netiket.
Untuk di Indonesia selain tata tertib sosial di Internet juga diberlakukan peraturan (UU ITE).
Sekarang ini akses untuk menggunaan Internet sangatlah mudah.Terdapat dua akses yang umum untuk internet yaitu Dial-Up dan Broadband.Selain iyu kita juga dapat menggunaan Free Public Internet Access seperti Warnet,Cybercafe,dan Hotspot.
                                                




              
Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet.
Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

itulah sekilas mengenai pengertian internet secara global, memang jika dilihat dari pengucapannya hanya sedikit sekali, cuma 8 hurup saja, namun di dalamnya tersimpan jutaan bahkan jauh lebih banyak dari pada itu ilmu dan informasi yang dapat di ketahui jika mengakses internet

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
referensi : 
Internet untuk segala kebutuhan,2009,Jakarta,PT.Alex Komputindo
ISBN : 978-979-27-5408-7




 


                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar