Rabu, 29 April 2015

Analisis Artikel Seminar (Membangun Komunitas Edukatif yang Efektif dengan Anak Bagi Wanita Karir)

Arfinisa Pratidina
51411067

Tugas kali ini saya akan membahas masalah tentang seminar untuk tugas kuliah saya yaitu komputasi modern, saya mengambil sumber dari link http://www.ilmupendidikan.net/2010/03/09/membangun-komunikasi-educatif-yang-efektif-dengan-anak-bagi-wanita-karir.php
            Seminar ini diselenggarakan pada hari senin 21 Desember 2009, Pada hari Senin, 21 Desember 2009, Universitas Negeri Jakarta yang dimotori oleh Lembaga Penelitian UNJ menyelenggarakan Seminar Internasional tentang Pendidikan, Wanita, dan Olahraga. Dalam seminar ini dibahas sejumlah topik yang terkait dengan tema dari berbagai sudut pandang dan disiplin ilmu. Di samping pembicara kunci, seperti Prof. Dr. Cony R. Semiawan (Guru Besar UNJ) dan ibu Rita Subowo (Ketua KONI Pusat), juga berbicara sejumlah pakar dan praktisi dari berbagai perguruan tinggi dalam sesi paralel.
            Wanita Karier sekarang ini sudah berkembang begitu pesat, namun apa sesungguhnya dari wanita karier tersebut ? wanita karir adalah mereka yang dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai dengan kodratnya sebagai wanita.
            Tugas yang tidak mungkin dikerjakan oleh para pria. Karir puncak yang dapat diraih oleh para wanita dalam melaksanakan tugas ini adalah pada saat mereka berhasil mengantarkan anak-anak mereka meraih kesuksesan dalam hidupnya. Inilah keberhasilan yang sesungguhnya dari karir seorang wanita.
            Salah satu bangsa yang memegang teguh paradigma ini adalah bangsa Jepang. Mereka memiliki istilah Kyoiku Mama atau Ibu Pendidikan. Istilah ini merujuk pada upaya ibu-ibu di Jepang yang terus menerus mengembangkan potensi yang dimiliki anak-anaknya dan menyekolahkan anak-anak mereka ke sekolah dan universitas terbaik.
            Menjadi wanita karir untuk sementara orang adalah sebagai sebuah pilihan hidup, namun bagi yang lainnya bisa jadi karena keterpaksaan. Namun apapun latar belakang mereka menjadi wanita karir, mereka tetap dituntut untuk dapat melaksanakan perannya sebagai seorang ibu bagi anak-anak mereka, yang selalu memberi perhatian dan mencurahkan kasih sayangnya tanpa harus terhalang oleh tugas-tugas rutinnya sebagai wanita karir. Kendala jarak dan waktu untuk melakukan komunikasi edukatif dengan anak-anak mereka, saat ini sudah tidak lagi menjadi masalah besar. Berbagai perangkat teknologi komunikasi dan informasi telah tersedia dalam masyarakat kita yang dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan peran tersebut. Teknologi telepon seluler bahkan dengan teknologi 3G-nya memberi kemudahan kepada para wanita karir untuk melaksanakan komunikasi edukatif yang efektif dengan anak-anak mereka. Demikian juga dengan internet, memungkinkan para wanita karir untuk berkomunikasi baik secara verbal (teks) maupun visual; baik secara syncromous maupun asyncronous.

            Demikian ringkasan artikel ini saya buat. Menurut saya pada seminar ini kurang adanya implementasi lansung seperti contoh bentuk video. Kuranganya multimedia berperan dalam seminar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar